“Green Money” Challenge (Cara Menabung yang Menyenangkan)



Apakah kalian termasuk dalam golongan orang-orang yang sebenernya pengen nabung tapi ngga tahan godaan? If yes, then we are on the same side :D
Sudah rahasia umum bagi golongan ini bahwa nabung is such a hoax. Terkadang memang sedikit butuh dipaksa agar cita-cita mulia untuk bisa nabung itu bisa tercapai. Lol. Setelah melalui masa pencarian yang cukup panjang, tiba-tiba muncullah sebuah vlog di home Youtube aku. Vlog itu tentang The Power of 20ribu dari Ini Vindy (buat yang mau nonton nanti aku kasih linknya di bawah yha).
Dari vlog itu lah aku dapet ide buat bikin “Green Money” Challenge ini. How does it work? Simak step by step di bawah ini.
(Disclaimer: step-step di bawah ini bakal berurutan, jadi kalau kalian merasa belum lolos di tahap pertama, bakal susah buat lanjut ke tahap selanjutnya)

Let’s Prepare the Requirement
Kalo mau ngelakuin suatu hal pasti harus ada persiapannya dong. Same goes with this “Green Money” Challenge. So these are the requirements:
  1. Goals. Siapkan dulu goals kalian untuk ngikutin challenge ini. Dengan adanya goals ini, kalian akan menjadi lebih termotivasi untuk tidak berhenti di tengah jalan sebelum goalsnya terpenuhi.
  2. Komitmen. Punya tujuan gapunya komitmen kan sama aja yes. Baru sehari ikutan challenge udah nyerah aja kalo komitmennya ngga kuat. Jadi dikuatin dulu komitmennya.
  3. Celengan. Ini wajib banget harus kalian punya. Kalo misalkan mau hemat dan ngga ngeluarin uang buat beli celengan, boleh lah pake botol air mineral bekas yang ukuran gede, terus tutupnya kalian lem, dan bikin lubang di plastic bagian atas untuk masukin uangnya. So simple ryt?

My Lovely Celengan (Hadiah Wisuda)
Kalau requirementnya udah lengkap, let's start the challenge!
  1. Setiap hari, sebelum tidur, cek di dompet atau tas atau saku kalian masih adakah duit yang tersisa. Kalo ngga ada, yasudah langsung tidur aja :p Kalo masih ada duit sisa hari itu, cek apakah ada uang warna ijo (red. Uang 20k) atau engga. Kalau ada, ngga boleh pura-pura ngga liat ya. Inget komitmen.
  2. Kumpulkan uang-uang ijo itu, lalu masukkan ke dalam celengan yang udah kalian siapkan. Kalau misalkan dalam sehari kalian memang nggapunya uang ijo, jangan dipaksain sampe nukerin uang ke tetangga dlsb. Karena segala sesuatu yang dipaksakan itu tidak baik (asiq). Jadi act naturally aja. Kalo emang ada, WAJIB dimasukin celengan. Kalo kalian punya 3 lembar uang ijo, harus dimasukin celengan semua yah. Kalo ngga ada, yaudah berarti kalian aman hari itu. That’s the core of the challenge.
  3. Jangan pernah itung udah berapa kali kalian masukin uang ijo ke celengan kalian. This is the art of this challenge. Kalian akan surprise di akhir dengan jumlah uang ijo yang berhasil kalian kumpulin.
  4. Keesokan harinya, gaboleh nyari-nyari uang yang udah masuk ke celengan. Anggep aja uang itu udah kalian pake belanja.
  5. Harus pakai uang ijo (sesuai namanya ya, “Green Money” Challenge). Jadi ngga boleh ganti uang 20k dengan uang nominal lain. Kenapa? Karena uang 20k itu jarang ditemuin daripada uang-uang nominal lain, jadi kalian ngga akan terlalu sering merasa “kehilangan uang”. Selain itu, 20k itu nominal yang pas banget buat ditabung; 20k kali 5 aja udah dapet 100k. Jadi prinsipnya, walopun ga sering nabung tapi sekalinya nabung langsung banyak. That’s why yang dipake uang 20k.
For Your Information – aku berhasil nabung 600k selama kurang/lebih 1 bulan. Menggiurkan? Just try it, then share the result!
Link vlog The Power of 20ribu:  https://www.youtube.com/watch?v=ztjPLTEOq94&t=10s
 

Comments

  1. btul karena menabung ternyata butuh ketekunan danniat yang sangat kuat hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaashh. yang penting niatnya udah mantap. selamat menabuung😊

      Delete

Post a Comment